Meulaboh (Antaranews Aceh) - Komandan Kodim (Dandim) 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto mengajak semua pihak menyukseskan Pemilu 2019 agar berlangsung damai, aman, dan demokratis sebagai bentuk partisipasi membangun negara.

"Tugas kita yang ada di sini semua melaksanakan pesta demokrasi sebagai wujud partisipasi membangun negara, sama-sama kita melaksanakan deklarasi damai agar terwujud damai itu indah," katanya, di Meulaboh, Minggu.

Pada kegiatan deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 dengan tema "Indonesia Menolak Hoaks, Politisasi SARA dan politik uang" di Lapangan Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.

Letkol Nurul Diyanto menegaskan bahwa tahapan yang harus dilaksanakan sudah ditetapakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) kepada masing-masing partai politik, khususnya kepada calon anggota legislatif di daerah ini.

Salah satu larangan dalam berpolitik yakni money politic, konflik, serta menyebar hoaks, sehingga semua pihak diminta tidak terpancing situasi yang membuat kerusuhan.

Melalui kegiatan deklarasi kampanye pemilu damai itu diharapkan semua berjalan aman dan lancar.

"Salah satu tahapan kampanye yaitu deklarasi, karena dianggap perlu untuk menyamakan sebuah pandangan mewujudkan Pemilu Damai 2019," kata Komisioner KIP Aceh Barat Saiful Asra, saat menyampaikan naskah deklarasi kampanye damai itu pula.

Deklarasi damai tersebut diikuti 18 partai politik peserta Pemilu 2019 di daerah itu, kemudian konvoi kendaraan dan agenda pagelaran seni dengan tujuan bahwa pemilu sudah dekat, dan memberikan hak pilih kepada masyarakat untuk memilih pilihannya masing-masing.

Kapolres Aceh Barat AKBP Bobby Aria Prakarsa dalam sambutannya menambahkan, pemilihan umum merupakan wujud demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pihaknya menyatakan telah siap mengawal dan mengamankan Pemilu 2019 di Aceh Barat, agar pesta pemilu di daerah ini berlangsung aman.

"Seperti yang kita ketahui pada Pemilu 2014 terdapat berbagai ancaman keamanan, dengan potensi kerawanan pemilu dapat terjadi dalam pelaksanaan pemilu sehingga Polres Aceh Barat akan melaksanakan pengamanan agar Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman," ujarnya lagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Aceh Barat, Ketua DPRK Aceh Barat, Kajari Aceh Barat, Ketua MAA, Komisioner KIP Aceh Barat, Bawaslu Aceh Barat serta pimpinan 18 partai politik dan masyarakat.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018