Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Mahasiwa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islami (HMI) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, melakukan unjukrasa ke gedung DPRK Aceh Utara, menuntut beberapa persoalan mengenai Kabupaten Aceh Utara, Rabu.

Dalam aksi unjuk rasa yang dimulai dari Tugu Rencong Lhokseumawe tersebut, mahasiswa yang diperkirakan berjumlah ratusan tersebut bergerak secara long march menuju ke gedung DPRK Aceh Utara yang berada di Samping pendopo Wali Kota Lhokseumawe.

Sewaktu melakukan aksi unjukrasa di Tugu Rencong Lhokseumawe, mereka menuntut stabilitas ekonomi Indonesia serta mengevaluasi kinerja Polri terkait berbagai aksi pembubaran massa yang disertai dengan cara kekerasan.

Sementara itu, saat digedung DPRK Aceh Utara, mahasiswa meminta masuk dan bertemu dengan pimpinan DPRK Aceh Utara. Akan tetapi, tidak diizinkan masuk, mahasiswa yang berkumpul dipintu utama lantai dua, bergerak menuju pintu utama lantai satu.

Suasana semakin panas saat mahasiswa meminta dan merengsek masuk. Sehingga kaca pintu gedung dewan tersebut pecah dan polisi yang berada di dalam gedung keluar menghalau mahasiswa namun tidak sampai terjadi aksi anarkis lainnya.

Situasi kembali tenang dan mahasiswa mulai duduk di halaman gedung DPRK Aceh Utara. Kemudian sebanyak 3 orang anggota DPRK Aceh Utara menjumpai mahasiwa. Di antaranya Ismed Hasan, H. Mulyadi CH dan Zubir Hate.

Di depan perwakilan anggota DPRK Aceh Utara tersebut, mahasiswa menuntut beberapa hal antara lain, DPRK Aceh Utara dan instansi Pemkab Aceh Utara lainnya segera pindah ke ibu kota Aceh Utara di Lhoksukon. Serta beberapa persoalan ruas jalan di sejumlah kecamatan di Aceh Utara yang butuh penanganan.

Selain itu, mahasiswa juga menyingung masalah hutang Aceh Utara serta mempertanyakan kenapa tidak dibuka formasi PNS tahun ini oleh Pemkab Aceh Utara.

Setelah menyampaikan orasinya, ketiga anggota DPRK Aceh Utara yang menjumpai mahasiswa mengatakan bahwa pihaknya akan berkordinasi lebih lanjut terkait tuntutan mahasiswa.

Akhirnya aksi bubar dengan tertib pada pukul 12.30 WIB yang diakhiri dengan penandatangan sikap dan tuntutan mahasiswa oleh ketiga anggota dewan tersebut.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018