Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menggalang dana untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, 28 September 2018.

Pemerintah Aceh bersama seluruh komponen masyarakat akan melakukan pengumpulan dana guna meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang ada di Palu," kata Kepala BPBA, T Ahmad Dadek di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan penggalangan dana tersebut dilakukan Pemerintah Aceh dengan pelaksana BPBA dan juga Dinas Sosial dalam upaya membantu dan meringankan beban korban bencana alam yang terjadi di Palu.

"Kita saat ini sedang membuka rekening khusus untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu dan nantinya masyarakat dan semua pihak dapat mengirimkan pada rekening khusus bantuan untuk Palu," tambahnya.

Ia menyebutkan saat ini dana yang telah terkumpul sementara berasal dari Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah Rp5 juta, BPBA Rp5 juta, ESDM Rp5 juta, Kamaruddin Andalah Rp2 juta, DPMG RP3 juta, Kadis Sosial Rp5 juta, Baitul Mal Aceh Rp25 juta, BPKA rp5 juta, PDAM tirta Daroy Rp5 juta dan Oemardi Rp500 ribu.

Selanjutnya DKP Rp3 juta, Datuk Hj Mansur Usman Rp1 juta, Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali Rp5 juta, Biro Tapem Rp2,5 juta, Chairul Muslem Rp1 juta, Ketua RAPI Aceh Rp1 juta, Sulaiman Tripa Rp200 ribu, Imran Rp100 ribu, Dinas Pangan Rp2 juta, Hamba Allah Rp1 juta, Zulfikar Sawang Rp1 juta dan Anggota DPR Nasir Djamil Rp5 juta.

"Jumlah bantuan tersebut akan terus bertambah sebab penggalangan dana ini baru dimulai," kata T Ahmad Dadek.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Aceh, Nasir Nurdin menyebutkan pihaknya juga menjadi salah satu unusr pendukung untuk penggalangan dana ke masyarakat untuk korban gempa dan tsunai di Palu.

"Penggalangan dana ke masyarakat dan kejajaran lainnya yang dilakukan ini sama halnya dengan penggalangan yang kita lakukan untuk Lombok," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018