Sabang (Antaranews Aceh) - Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kodam IM), menggelar pengobatan massal menyambut HUT TNI ke-73 yang jatuh pada Jumat, 5 Oktober 2018 di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Ribuan warga kepulauan paling ujung barat Indonesia memadati lokasi pengobatan massal Kamis (4/10) pagi hingga sore hari, yang berlangsung di Dermaga CT-3 BPKS Sabang, Provinsi Aceh.?

Ratusan personel atau tenaga kesehatan TNI yang profesional kita kerahkan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73,? kata Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko dalam sambutannya sebelum dimulai pengobatan massal di Dermaga CT-3 BPKS Sabang.

Menyambut HUT TNI ke-73 ini pelayanan kesehatan gratis dipusatkan di tiga wilayah yakni, Kota Sabang, Lombok, dan Merauke, tambahnya.

Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus dalam sambutannya menyatakan, Pemerintah Kota Sabang menyambut baik pengobatan gratis yang diberikan TNI kepada warganya.

Pengobatan gratis ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan atas nama Pemerintah Kota Sabang kami berterimakasih kepada jajaran TNI yang telah melakukan pengobatan gratis untuk masyarakat Sabang, kata Suradji Junus.

Masih di Dermaga CT-3 BPKS Sabang, tim medis TNI memberikan berbagai pelayanan kesehatan gratis kepada warga masyarakat Sabang diantaranya, operasi katarak, operasi bibir sumbing, bantuan kursi roda, kaki palsu, alat bantu dengar, rehabilitasi rumah warga kurang mampu hingga pembagian sembako.

Menyambut HUT TNI ke-73, Personil TNI sebelumnya, telah mengarak Bendera Pusaka Merah Putih dari Tugu Kilometer Nol Indonesia (Sabang) dan mengelilingi pulau terluar Indonesia.

Kemudian, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto menyerahkan bendera Merah Putih ke Komandan Kapal KRI Halasan-630 dan dibawa ke Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar.

Dari Provinsi Aceh, Bendera Merah Putih akan dibawa mengelilingi sejumlah kota di antaranya, Provinsi Riau, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Samarinda, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Raja Empat dan berakahir di Provinsi Papua (Merauke).

Acara puncak HUT TNI pada 5 Oktober 2018 akan berlangsung di Merauke, Papua dan Presiden Joko Widodo diagendakan bertindak sebagai inspektur upacara yang didampingi Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama kepala Staf TNI lainnya.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018