Sabang (Antaranews Aceh) - Sebanyak tiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) TNI AL meriahkan peringatan HUT TNI ke-73 di Sabang, Provinsi Aceh, Jumat.

Tiga Alutsista TNI AL tersebut yakni, KRI Teluk Bintuni-520, KRI Bung Tomo-357 serta KRI Kujang-630 lego jangkar di teluk Sabang untuk mendukung dan memerintahkan peringatan HUT TNI Ke-73 pada 5 Oktober 2018.

"Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks," kata Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutannya di Dermaga CT-3 BPKS Sabang.

"Musibah yang melanda Lombok dan Palu, memerlukan kehadiran TNI dalam mengatasi berbagai kesulitan rakyat," ujar Pangdam.

Dia mengakui, TNI bersama-sama berbagai komponen bangsa lainnya telah berupaya sekuat tenaga untuk meringankan beban yang diderita masyarakat setempat.

"TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap," kata Pangdam.

Peringatan HUT TNI ke-73 yang berlangsung pulau terluar Indonesia juga dihadiri Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto bersama Ibu Sandya Prima Ali Triswanto.

Upacara HUT TNI Ke-73 juga diikuti oleh, Kompi Pamen gabungan TNI, satu Kompi Pama Gabungan TNI, Kompi Wan TNI, Kompi Polwan, Kompi Polisi Militer, Batalyon Gabungan TNI, Kompi Polri dan Pleton PNS TNI.

Peringatan HUT TNI KE-73 pada 5 Oktober 2018 dipusatkan di Sabang, Provinsi Aceh dan Merauke, Provinsi Papua.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018