Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Anggota Komisi VI DPR Fadhlullah meminta Pemerintah Aceh dapat mengoptimalkan pelabuhan yang ada di daerah setempat guna meningkatkan ekspor dan nilai tambah bagi daerah.

"Peningkatan ekspor komoditas, barang dan jasa di daerah ikut berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menambah devisa negara serta memberikan nilai tambah kepada daerah dan juga petani," kata Fadhlullah dihubungi di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan Aceh memiliki beberapa komoditas unggulan salah satunya kopi arabica yang berasal dari dataran Tinggi Gayo, di mana kegiatan ekspor komoditas tersebut masih banyak dikirim melalui pelabuhan provinsi tetangga.

"Artinya, Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota dapat memaksimalkan pelabuhan yang ada di Aceh termasuk menambah sarana dan prasarana pendukung dan memberikan kemudahan sehingga para eksportir mau mengirim langsung dari Aceh," kata politisi yang akrab di sapa Dek Fad itu.

Menurut dia beroperasinya pelabuhan ekspor-impor secara maksimal akan memberikan dampak positif untuk daerah dan juga masyarakat sekitar, karena berbagai hasil pertanian dan industri yang ada dapat dikirim langsung dari Aceh.

Ia menjelaskan dalam meningkatkan neraca perdagangan, Aceh memiliki potensi besar yang belum tergarap maksimal seperti ekspor komoditas kopi, nilam, rotan, karet, serai dan ikan.

"Potensi yang ada ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin selain ikut berperan dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah juga akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat di masa mendatang," katanya.

Pihaknya meyakini dengan peningkatan sarana dan prasarana pelabuhan yang ada dan adanya komoditas yang diekspor secara berkesinambungan seiring adanya pembinan petani secara berkelanjutan akan mampu menghidupan Aceh sebagai salah satu kawasan pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018