Sabang (Antaranews Aceh) - Kapal Motor Penumpang (KMP) BRR menghentikan operasional melayani angkutan penumpang dan barang rute Balohan Sabang (Pulau Weh)-Ulee Lhue (Kota Banda Aceh) karena sedang menjalani perbaikan mesin.

`Hari ini tidak beroperasi karena sedang perbaikan mesin, namun tidak menganggu penyeberangan orang dan barang dari dan ke Sabang. Perbaikan mesin bisa sehari atau lebih," kata Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang, Agustiar di pelabuhan setempat, Senin.

Ia menyampaikan, selama KMP BRR melakukan perbaikan mesin, penyeberangan dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya akan dilayani oleh KMP Tanjung Burang.

"Sekarang penyeberangannya dilayani oleh KMP Tanjung Burang, dalam sehari dua kali penyeberangan," kata dia.

Ada pun jadwal penyeberangan KMP Tanjung Burang hari ini, (Senin, 22/10) dari Pelabuhan Balohan, Sabang, yaitu, Trip I pukul 07:30 Wib, Trip II pukul 13:30 Wib. Kemudian dari Pelabuhan Ulee-Lheue, Banda Aceh Trip I Pukul 10:30 WIB dan Trip II pukul 16.00 WIB.

Supervisi Lintas ASDP Perwakilan Sabang,?Husaini membenarkan terkait tidak berlayarnya KMP BRR dan hingga kini kapal yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu sedang menjalani perawatan pada bagian mesin.

KMP BRR berkapasitas penumpang sebanyak 450 orang dengan muatan mobil 25 unit campuran serta 100 unit motor itu beroperasi melayani penumpang dan barang dari Banda Aceh ke Sabang, pascatsunami menghantam perairan Aceh pada 26 Desember 2004.

"Walapun KMP BRR tidak berlayar, pasokan sembako untuk kebutuhan warga Sabang tetap lancar karena di bantu oleh KMP Tanjung Burang, pangkas Supervisi Lintas ASDP Perwakilan Sabang itu.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018