Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Melimpahnya pasokan cabe merah dari sejumlah daerah sentra pertanian cabe merah di Provinsi Aceh, membuat harga salah satu komoditi bumbu dapur tersebut, menukik turun.

"Saat ini banyak pasokan cabe merah dari berbagai daerah sekitar, sehingga harganya juga turun drastis dari biasanya," ucap Agustina salah seorang pedagang cabe merah di Pasar Inpres Lhokseumawe, Selasa.

Lanjutnya, sebelumnya harga cabe merah Rp38 ribu/Kg. Akan tetapi dalam kurun waktu 3 hari harganya terus miring hingga berada pada posisi Rp32 ribu/Kg. Sehingga pedagang terpaksa menyesuaikan dengan membanjirnya pasokan.

Seperti dikatakan pedagang lagi, pasokan cabe merah saat ini untuk pasar grosir dan sejumlah pasar tradisional di Kota Lhokseumawe, banyak didatangkan dari Kabupaten Pidie dan daro sejumlah daerah lain di Aceh, namun jumlahnya terbatas. Sedangkan sebelumnya, untuk komoditi cabe merah yang dipasarkan di Lhokseumawe, didatangkan dari Sumatera Utara.

?Sekarang cabe merah dari Medan (Sumatera Utara) sudah sekitar dua bulan berkurangnya pasokan, karena produksi cabe merah lokal juga sedang banyak. Biasanya banyak cabe merah asal Medan yang dijual pedagang, tutur Agustina.

Sementara itu sebelumnya pada Bulan Agustus, berdasarkan data pantauan, harga cabe merah juga sempat anjlok menjadi Rp18 ribu/Kg, karena banyaknya pasokan dari daerah-daerah sentra pertanian cabe merah.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018