Sabang (Antaranews Aceh) - Atlit penyelam bebas asal Tiongkok dan Rusia pada masing-masing disiplin berhasil menjadi juara umum Sabang International Freediving Championship (SIFC) 2018 di Sabang, Provinsi Aceh.

Jin Wang asal Tiongkok dan Marianna Gillespie dari Rusia sukses meraih juara umum pada lomba Sabang Internasional Freediving Championship (SIFC) 2018, kata Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Rahmadani saat pengumuman pemenang SIFC 3-8 November 2018 di Teluk Balohan, Sabang, Kamis.

"Jin Wang terbaik dari dua disiplin ilmu, yakni Constant Weight (CWT) dan Constant Weigh No Fins (CNF) dengan total 239 poin. Jin Wang hanya kalah dari penyelam asal Taiwan, Jay Ku, saat disiplin Free Immersion (FIM)," kata Rahmadani.

Peserta SIFC 2018 berjumlah 40 orang dari 20 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Hong Kong, Tiongkok, Makau, Korea Selatan, Belanda, Filipina, Swiss, Jerman, Rusia, Hongaria, Taiwan, Ukraini, Inggris, Amerika, serta Afrika Selatan.

Atlit penyelam bebas asal Rusia, Marianna Gillespie kata dia, memboyong seluruh kejuaraan disiplin ilmu, yakni Constant Weight (CWT), Constant Weigh No Fins (CNF) dan Free Immersion (FIM) dengan perolehan 217 poin.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah sudah dua kali menggelar iven penyelaman bebas tanpa alat bantu di pulau terluar paling barat Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) Kota Sabang, Faisal menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mempromosikan wisata bahari daerah tersebut.

"Syukur iven penyelaman bebas (freedivers) di Teluk Sabang berlangsung sukses dan selamat kepada atlit asal China dan Rusia yang berhasil meraih juara umum," kata Kepala Disparbud Kota Sabang.

Wisatawan baik domestik maupun internasional ketika ke Sabang diantaranya menyelam di atas permukaan laut (snorkling) di kawasan Pulau Rubiah, serta ada pula yang menyelam di kedalaman 15 hingga 60 meter.

Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati hamparan pantai pasir putih Iboih dan Sumur Tiga yang menghadap langsung ke Samudra Hindia dan Selat Malaka.

Ada aula monumen nasional Tugu Kilometer Nol Indonesia serta destinasi wisata heritage lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang.

Kota Madya Sabang meliputi lima pulau yakni, Pulau Weh, Rubiah, Klah, Seulako, dan Pulau Rondo berjarak sekitar 18 mil dari ibu kota Provinsi Aceh dan saban hari armada kapal melayani penyeberangan ke Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya.

Armada tersebut, dua kapal cepat milik swasta dan dua kapal feri jenis roll on-roll off atau roro dikelola oleh PT ASDP. 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018