Sabang (Antaranews Aceh) - Anna Marie Richardson asal United Kingdom berhasil meraih nilai tertinggi pada lomba Sabang Internasional Freediving Championship (SFIC) 2018 di Sabang, Provinsi Aceh.

"Anna yang berasal dari United Kingdom ini berhasil meraih poin tertinggi sebanyak 102,0 pada Sabang Internasional Freediving Championship (SIFC) 2018," kata dewan juri SIFC, Nicholas Kouvaras di lokasi penyelaman Balohan, Sabang, Kamis.

"SIFC 2018" yang berlangsung di Teluk Balohan, Sabang dari, 3-8 November memperlombakan tiga disiplin diantaranya, Constant Weight (CWT) yang diselenggarakan 3-4 November, Free Immersion (FIM) 5-6 November dan Constant Weight no Fins (CNF) pada 7-8 November 2018.

Juri asal Yunani itu mencatat, penyelam bebas tanpa alat bantu dari Inggris tersebut sebagai pendatang baru dan terbaik kategori atlit perempuan.

"Anna berhasil mengantongi poin 50 pada disiplin CWT, dan disiplin FIM poinnya 52 kategori perempuan," sebut juri.

Ia menjelaskan pendatang baru terbaik dari kategori perempuan lainnya diraih, Ka Yan Lo dari Hong Kong dengan perolehan poin 82,0.

Selanjutnya, Atlit selam bebas ?perempuan pendatang terbaik tercatat Li Karlsen dari Swedia, Mariko Kaji dari Jepang, Nikita Fima Atriyu dari Indonesia, dan Nora Galgoczy dari Hungaria.

Kemudian, pendatang baru terbaik dari kategori pria adalah Chak Nam Lei, David Buchler, Galih Jatnika dari Indonesia, Haneef Shahminan dari Brunei Darussalam, Michael Nelson, dan Mohd Farid MD Yussoff dari Malaysia.

"SFIC 2018" digelar Kementerian Pariwisata RI bersama pemerintah daerah berlangsung sejak 3-8 November diikuti 40 peserta dari 22 negara Asia, Eropa dan Afrika.

Ada pun para peserta "SIFC 2018" berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Hong Kong, Cina, Makau, dan Korea Selatan.

Selanjutnya dari, Belanda, Filipina, Swiss, Jerman, Rusia, Hongaria, Taiwan, Ukraini, Inggris dan Amerika serta Afrika Selatan.

Wisatawan domestik maupun internasional ketika berlibur ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) kerap kali melakukan aktifitas wisata penyelaman di atas permukaan laut (snorkling) di kawasan Pulau Rubiah serta menyelam di kedalaman 15 hingga 60 meter.

Para wisatawan juga bisa menikmati hamparan pantai pasir putih "Iboih dan Sumur Tiga" yang menghadap langsung ke laut lepas Samudera Hindia dan Selat Malaka. Selanjutnya monumen nasional Tugu Kilometer Nol Indonesia serta destinasi wisata heritagge lainnya seperti Benteng-Benteng Jepang.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018