Suka Makmue (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh berfokus pada penguatan bidang agama dan budaya sebagai implementasi visi misi pemerintahan kepala daerah periode 2017 - 2022.

Bupati Nagan Raya, H M Jamin Idham, di Nagan Raya, Selasa, mengatakan,  salah satunya diwujudkan dengan memperbanyak kegiatan keagamaan di daerah seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang saaat ini tengah berlangsung di daerah setempat.

"Kegiatan MTQ ini dapat menjadi forum silaturrahmi yang mengandung nilai-nilai positif dalm memperkuat rasa persaudaraan dan ikatan kebersamaan didalam masyarakat Kabupaten Nagan Raya,"kata Bupati Nagan Raya itu.

Kegiatan MTQ ke -9 tingkat Kabupaten Nagan Raya telah dibuka oleh Jamin Idham, pada Sabtu (8/12) berlangsung di Alun - Alun Suka Makmue, dihadiri Kapolres AKBP Giyarto, Dandim Letkol Nanak Yuliana, Kajari Sri Koncoro, Wakil Ketua I DPRK Samsuardi, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Nagan Raya.

Bupati Jamin, berharap kegiatan keagamaan ini dapat menciptakan nuansa religius dan mempererat persaudaraan umat islam di daerah itu Nagan Raya, sehingga terwujudnya visi misi dalam penegakan syariat Islam.

HM Jamin Idham, juga mengatakan pelaksanaan kegiatan itu merupakan langkah awal dalam mencari bibit - bibit prestasi di Kabupaten Nagan Raya pada bidang keagamaan sehingga mampu membawa nama daerah ke tingkat nasional.

"Hasil pelaksanaan MTQ ke-9 tingkat Kabupaten Nagan Raya ini diharapkan, kafilah Nagan Raya mampu menembus ke tingkat Nasional bahkan tingkat Internasional," sebutnya.

Perhelatan besar tersebut juga bersama bupati ikut membunyikan sirine pembukaan MTQ ke-9 itu, yang juga turut hadir para kepala dinas dan camat didaerah itu, serta disambut tepuk tangan gemuruh oleh ribuan warga Nagan Raya.

Pelaksanaan MTQ tahun 2018 ini diikuti oleh 427 Kafilah (peserta) dari sepuluh kecamatan didaerah itu yang masing-masing, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang 29 peserta, Kecamatan Beutong 42, Seunagan Timur 49, Seunagan 43, Suka Makmue 32, Darul Makmur 43, Tripa Makmur 41, Tadu Raya 49, Kuala 50, dan Kuala Pesisir 49.

Pada MTQ ke-9 Kabupaten Nagan Raya, ada 17 cabang yang diperlombakan yakni, cabang Tartil, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Qira’ah Saba’ah Remaja, Tilawah Dewasa, Qira’ah Saba’ah Dewasa, Tahfiz 1 Juz, Tahfiz 5 Juz, Tahfiz 10 Juz, Tahfiz 20 Juz, Tahfiz 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Indonesia, Fahmil, Syahril, Khattil Qur’an, dan Cabang MMQ.

Pewarta: Bahariandy Mahardeka

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018