Meulaboh (Antaranews Aceh) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia mencatat tidak ada lonjakan pengguna jasa atau pelancong yang berlibur akhir tahun ke Sinabang Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Kepala PT ASDP Perwakilan Meulaboh, Desrizal Marbeth di Meulaboh, Kamis, mengatakan, pelayanan jasa transportasi massal lintasan Meulaboh Kabupaten Aceh Barat tujuan Sinabang, Kabupaten Simeulue tetap normal seperti hari - hari biasanya.

"Untuk lintasan kita layani hingga hari ini (Jum`at) tidak ada lonjakan pengguna jasa, bahkan sampai nanti hari Minggu (30/12) terlihat sepi. Tapi kita tetap jalan karena ini sudah tugas kami melayani masyarakat yang berlibur tahun baru," katanya.

Pada keberangkatan Jum`at (28/12) sore, jumlah penumpang sesuai manifes hanya 176 orang dengan kendaraan roda empat 21 unit, diberangkatkan dari Pelabuhan Meulaboh, Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga tujuan Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.

Desrizal, menyampaikan, selama momen perayaan Hari Raya Natal dan sambut tahun baru 2019, tidak terjadi lonjakan penumpang untuk lintasan tersebut karena mayoritas umat muslim tidak ada yang merayakan natal dan tahun baru masehi.

"Lintasan Meulaboh - Sinabang ini dominan untuk warga pulang kampung, bukan untuk liburan pelancong atau seperti pelabuhan Ule Lhee, Banda Aceh yang melayani masyarakat berlibur ke Sabang pada akhir tahun 2018," sebutnya.

Untuk lintasan Meulaboh - Sinabang dilayani oleh Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang dengan volume pelayanan dua kali dalam satu minggu yakni hari Jum`at dan Minggu, kedatangan pukul 07.00 WIB dan berangkat pukul 14.00 WIB.

Pihak ASDP Meulaboh juga ada kegiatan karena terlibat dalam operasi lilin rencong menyambut natal dan tahun baru 2019, posko pengamanan pun telah didirikan oleh pihak Polri di Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga untuk melayani masyarakat.

"Kegiatan khusus, kita ikut dalam posko pengamanan bersama Polri, melayani masyarakat terutama untuk penyeberangan di lintasan Meulaboh - Sinabang. Namu animo masyarakat biasa saja, tidak seperti kota - kota besar lain," demikian Desrizal.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018