Meulaboh (Antaranews Aceh) - Puluhan hektare tanaman padi yang tersebar di Kecamatan Meureubo dan Panton Reue, Kabupaten Aceh Barat kini diserang hama ulat.

Data yang diperoleh Antara di Meulaboh, seluas 70 hektare areal persawahan di kabupaten setempat sudah terdampak akibat serangan hama.

"Untuk luas pastinya serangan hama ulat ini kita belum tahu, masih dilakukan pendataan oleh petugas penyuluh pertanian di lapangan," kata Kepala Dinas Pangan dan Holtikulura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal kepada Antara, Senin (7/1).

Pendataan ini dilakukan untuk memastikan seberapa luas areal sawah yang diserang hama, sekaligus memastikan langkah apa yang akan diambil, guna membasmi serangan dimaksud.

"Nanti kita akan salurkan obat-obatan untuk membasmi hama, namun karena belum ada data konkret, belum bisa kita ambil tindakan pencegahan," jelasnya.

Safrizal mengakui dampak serangan hama ulat pada tanaman padi di Aceh Barat, membuat petani kalang-kabut dan berusaha melakukan pencegahan.

Karena apabila tidak dilakukan pencegahan secepatnya, maka dikhawatirkan hal ini akan berdampak terhadap produksi padi di Aceh Barat pada tahun 2019 ini.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh petani agar segera melaporkan kepada petugas penyuluh pertanian, atau kelompok tani guna melaporkan apabila ada tanaman padi yang diserang hama ulat, sehingga lebih mudah dilakukan pencegahan dan tindakan secepatnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019