Meulaboh (Antaranews Aceh) - Forum Komunitas Muda Barat Selatan Aceh (KMBSA) mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh agar menolak politik uang yang akan digunakan para caleg, untuk meraih suara terbanyak dalam pemilu legislatif yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

"Kalau misalnya nanti mereka (caleg) terpilih dengan politik uang, mereka akan fokus untuk mengembalikan modal yang sudah mereka keluarkan," kata Azhari, Sekretaris Umum Forum KMBSA, Azhari kepada Antara, Kamis (10/1) siang di Meulaboh.

Harusnya, kata dia, caleg yang sudah terpilih dan duduk di lembaga legiatif, tugasnya menghimpun dan menjalankan aspirasi rakyat sesuao tupoksinya masing-masing.

Jika hasil pemilihan diduga menggunakan politik uang, maka dipastikan wakil rakyat yang terpilih tidak akan fokus mewakili hak masyarakat di kursi DPRK, DPRA maupun DPR RI.

Guna menghindari adanya politik kotor tersebut, lembaga ini dalam waktu dekat akan mengeluarkan imbauan bersama agar masyarakat menolak politik uang.

"Jika masyarakat menemukan adanya tindakan politik oleh para caleg dan timsesnya di lapangan, kami imbau segera melaporkan kejadian ini kepada pihak terkait seperti Panwaslu atau pihak kepolisian," tambahnya.

Lembaga ini juga berharap kepada penyelenggara dan pengawas pemilu serta Tim Gakkumdu, agar betul-betul melakukan pengawasan di masyarakat agar pelaksanaan Pemilu tahun 2019 di Aceh dapat berjalan lancar, aman, dan demokratis, pungkasnya

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019