Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Ketua Fraksi Gerindra-PKS DPR Aceh Abdurrahman Ahmad menyatakan kebijakan tarif tiket pesawat terbang harus sejalan dengan program meningkatkan sektor pariwisata di setiap kawasan.

? ? "Artinya, regulasi yang mengatur terkait tarif penerbangan harus benar-benar rasional dan diawasi secara ketat sehingga tidak terjadi kenaikan yang drastis dalam waktu-waktu tertentu," kata Abdurrahman Ahmad di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan harga tiket pesawat terbang yang mengalami kenaikan drastis yang dilakukan oleh pihak maskapai penerbangan dalam beberapa pekan terakhir berdampak terhadap sektor pariwisata di Aceh khususnya dan daerah lainnya.

Menurut dia dalam upaya mendukung program Pemerintah untuk meningkatakan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat melalui sektor pariwisata maka maskapai penerbangan perlu bersinergi untuk mendukung program tersebut.

"Sinergi ini perlu dilakukan dan juga diikat dengan regulasi yang mengikat sehingga tidak ada celah bagi maskapai untuk menaikkan harga secara drastis tanpa adanya persetujuan dari pemerintah yang diatur dalam regulasi tarif transportasi udara," katanya.

Pihaknya juga berharap Pemerintah Pusat melalu Kementerian Perhubungan dapat meninjau kembali terhadap regulasi yang ada jangan sampai masyarakat memilih menggunakan rute transit ke luar negeri untuk berangkat ke salah satu provinsi di Tanah Air.

"Kenaikan tiket pesawat beberapa waktu lalu mendorong masyarakat di Aceh khususnya beramai-ramai membuat paspor untuk transit di Malaysia karena biaya yang dikeluarga lebih hemat dibanding menggunakan jalur domestik," katanya.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019