Singkil (Antaranews Aceh) - Ratusan peserta relawan demokrasi mengikuti ujian seleksi wawancara pemilu di kantor Komisi Pemilihan Independen (KIP) Selok Aceh, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu.

Ketua Komisioner KIP Aceh Singkil Edi Sugianto mengatakan, perekrutan relawan demokrasi bertujuan membantu kinerja KIP dalam menyosialisasikan tahapan Pemilu untuk mengajak masyarakat berpartisipasi menyukseskan pesta rakyat.

"Artinya, jalannya pemilu perlu sokongan bersama dalam segala lini cara memilih yang baik, sekaligus mengurangi angka Golput," ujar dia.

Pendaftar relawan demokrasi, kata Edi, mencapai 254 orang, namun yang lolos verifikasi administrasi sebanyak 242 orang.

"Seleksi wawancara dan administrasi dilakukan dua hari berturut-turut sejak Selasa (22/1) hingga Rabu (23/1)," jelasnya.

Sementara relawan demokrasi dalam perekrutan kuotanya sebanyak 55 orang yang nantinya dibagi perbasis pemilih, yakni basis keagamaan, pemilih pemula, pemilih komunitas, pemilih marjinal, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih disabilitas dan pemilih warganet.

Masa kerjanya, kata Edi, selama tiga bulan dengan upah masing-masing per bulannya Rp750 ribu.

Kemudian, ujar Edi, sore ini langsung pengumuman yang lolos dan esoknya Kamis (24/1), dilakukan pengukuhan dan pembekalan.

Edi Sugianto berharap, kepada relawan demokrasi bisa membantu kinerja KIP dalam menyukseskan Pemilu membangkitkan gairah pemilih dan partisipan.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019