Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Harga komoditi bawang merah lokal di sejumlah pasar tradisional dalam wilayah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mulai menurun dalam tiga hari terakhir seiring banyaknya pasokan bawang merah dari luar daerah.

Sudah dalam tiga hari terakhir ini, harga bawang merah lokal turun dibandingkan sebelumnya, karena mulai adanya pasokan jenis bawnag merah lokal dari luar daerah, ungkap Furqan salah seorang pedagang bawang di Pasar Inpres Lhokseumawe, Sabtu.

Sebutnya, untuk jenis bawang merah lokal atau bawang dalam negeri, baik hasil petani di Aceh maupun yang berasal dari luar Aceh, harganya berada pada kisaran Rp24.000 sampai Rp26.000 / Kilogram. Sedangkan sebelumnya, harganya berkisar antara Rp30.000 hingga Rp32.000 per Kg.

Sebelunnya harga bawang merah lokal sempat bertahan lama pada kisaran harga Rp30.000 hingga Rp32.000 / Kg. Namun dalam tiga hari ini sepekan terakhir, harganya turun menjadi Rp24.000 paling rendah, ungkap.

Seperti disebutkan mulai adanya pasokan bawang merah lokal dari luar daerah, menyebabkan harga salah satu jenis komoditi tersebut juga ikut turun. Sedangkan pasokan jenis bawang merah lokal tersebut banyak didatangkan dari Brebes, Jawa Tengah.

Pasokan jenis bawang merah lokal bisanya didatangkan dari Pidie, akan tetapi dalam beberapa hari terakhir, bawang merah lokal banyak masuk dari luar daerah, yakni dari Brebes Jawa Tengah. Sedangkan untuk jenis bawang merah impor, haanya jauh lebih murah lagi. Yaitu, berada pada kisaran harga Rp10.000 hingga Rp12.000 /Kg, terang pedagang bawang tersebut.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019