Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wakil Bupati Aceh Tengah Firdaus meminta Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) cabang Aceh Tengah berperan dalam menangani stunting di daerah tersebut.

"Ancaman stunting menjadi urgensi tersendiri bagi Kabupaten Aceh Tengah sehingga perlu peran serta semua pihak terutama IAKMI," katanya di sela-sela pelantikan pengurus IAKMI cabang Aceh Tengah periode 2018-2020 di Takengon, Minggu.

Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah berkomitmen untuk menurunkan persentase stunting di daerah tersebut

Ia menyebutkan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan angka Stunting Aceh Tengah sudah mulai menurun di angka 38 persen dari 56 persen pada tahun 2013. 

Menurut dia salah satu upaya menangani stunting tersebut adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan pemenuhan makanan bergizi dan memasyarakatkan olahraga.    

"Jika Gizi seimbang mulai dari kandungan hingga 1000 hari setelah kelahiran, maka stunting dapat dicegah," katanya.

Karena itu pihaknya juga mengajak peran serta semua pihak untuk meningkatkan  kesadaran masyarakat dengan pola hidup sehat.

Ketua IAKMI Aceh Tengah Indrita Leosanti mengatakan akan mendukung program Pemerintah Daerah.

"Kami akan mendukung program Pemerintah Daerah, terutama yang sedang hangat saat ini yaitu upaya menurunkan persentase stunting," katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir diantaranya Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna dan sejumlah pejabat daerah setempat.
 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019