Singkil (Antaranews Aceh) - Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil menyebutkan pembuatan paspor unit mobil yang dilakukan Imigrasi Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, ke daerah-daerah sangat membantu terutama jemaah haji lanjut usia (lansia).

Mustafa, salah satu staf PHU Kemenag Aceh Singkil, kepada wartawan di Singkil, Selasa (12/2) menyampaikan, sejumlah jamaah calon haji Aceh Singkil yang berangkat tahun 2019 ini membuat pasport menggunakan versi unit mobile.

"Kegiatan tersebut sudah dilakukan kemarin Senin (11/2) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil oleh pihak Imigrasi Meulaboh," jelas Mustafa.

Dia menyampaikan, jamaah calon haji yang diperkirakan berangkat tahun 2019  yang masuk estimasi pelunasan berjumlah 19 orang ditambah 4 dari cadangan.

Sementara jamaah yang melakukan perekaman paspor terdiri dari 13 jamaah estimasi 4 jamaah cadangan, selebihnya jamaah sudah memiliki paspor yang masih berlaku.

Sebelum perekaman paspor tersebut, pihak kantor imigrasi kelas II non TPI Meulaboh terlebih dahulu melaksanakan rapat teknis yang dilaksanakan di Kantor Imigrasi Meulaboh terkait penerbitan paspor jamaah calon haji tahun 2019.

Selanjutnya, dari hasil rapat tersebut Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil meminta kepada pihak imigrasi agar bisa datang ke Aceh singkil lagi seperti tahun lalu untuk melakukan perekaman dengan menggunakan unit mobile.

"Hal itu dilakukan, karena kedatangan unit mobile ini ke daerah sangat membantu para jamaah terutama jamaah yang sudah lanjut usia," tuturnya.

Pihaknya berharap, semoga pihak Imigrasi Meulaboh terus dapat berkerja sama dengan Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil secara berkelanjutan dalam hal pembuatan paspor jamaah haji ini, sebab program unit mobile ini sangat membantu para jamaah dalam hal pengurusan dokumen paspor.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019