Group musisi negeri Jiran, Malaysia akan menampilkan budayanya pada pergelaran tradisi masyarakat pesisir, yakni Festival Khanduri Loat atau Kenduri Laut yang akan dihelat 30 Maret hingga 1 April 2019 di Sabang, Provinsi Aceh.

"Pihak Malaysia sudah konfirmasi ikut berpartisipasi pada Festival Khanduri Laot dan mereka akan menampilkan musik etnisnya pada acara tersebut," kata Wali Kota Sabang Nazaruddin melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Faisal di Sabang, Kamis.

Penampilan group musik tradisional Malaysia, katanya akan memeriahkan ajang tahunan yang digelar Pemerintak Kota Sabang guna meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun internasional ke daerah setempat.

"Kami berharap ajang ini berdampak pada tingkat kuknjungan wisatawan domestik maupun intenasional," ujar dia.

Selain Malaysia, tiga provinsi lainnya di Indonesia yakni, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Provinsi Riau, juga sudah mengkonfirmasi akan ikut serta pada Festival khanduri loat, sebutnya.

Acara kenduri laut yang telah menjadi agenda tahunan di Sabang itu, mengangkat tema "Dari Sabang Untuk Indonesia".

Festival tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi seni budaya masyarakat pesisir kepulauan di antaranya, atraksi adat melaut, lomba mancing tradisional, dan lomba kayuh perahu naga.

Kemudian, pentas pesona budaya, khanduri untuk aulia 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi Panglima Laot se-Aceh, dike Aceh dan pameran produk kreativitas daerah pesisir.

"Rangkaian itu semua diharapkan dapat menarik minat kunjungan wisatawan ke Sabang. Karena selain menikmati pesona bahari, para wistawan juga disuguhkan penampilan budaya masyarakat pesisir," terangnya.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019