Kepala Humas Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Chairil Munawir menyatakan calon perserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi salah satu proses untuk penerimaan mahasiswa melalui jalur tersebut.

"Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. Proes untuk penerimaan melalui jalur ini telah dimulai," kata Chairil Munawir di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan UTBK adalah ujian masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara elektronik menggunakan perangkat komputer. Ujian tersebut wajib diikuti setiap calon mahasiswa peserta SBMPTN dan nilai UTBK menjadi syarat utama. Proses tersebut diawali dengan proses pendaftaran yang dibagi dalam dua gelombang yakni 1-24 Maret 2019 gelombang pertama dan gelombang kedua 25 Maret hingga 1 April 2019.

"Ujian ini wajib diikuti setiap calon mahasiswa peserta SBMPTN dan nilai UTBK menjadi syarat utama," katanya.

menurut dia keunggulan UTBK, siswa dapat mengikuti tes satu kali dan maksimal dua kali tes. Peserta yang merasa nilainya masih rendah, dapat mengikuti tes UTBK di gelombang kedua dan nilai yang diambil adalah nilai tertinggi. Pelaksanaan UTBK dilakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang tercatat sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. 

Ia mengatakan UTBK dapat diikuti siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, termasuk siswa lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Chairil mengajak para siswa untuk segera mendaftar UTBK melalui lamanÿhttps://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.Pendaftaran menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password. Biaya pendaftaran untuk sekali tes sebesar Rp200 ribu yang dapat dibayar melalui Bank Mandiri, BNI, atau di Bank BTN. 

Chairil juga menghimbau para siswa untuk tidak menunda-nunda waktu pendaftaran, hal ini dilakukan guna mengantisipasi membludaknya pendaftaran.

"Kami juga berharap calon mahasiswa dapat selalu memantau website agar segala informasi dapat diketahui secara lengkap dan jelas," katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019