Sebanyak 1.399 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) tahun akademik 2018/2019  di 15 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur.

Di gedung Idi Sport Center (ISC) Aceh Timur di Idi, Selasa, sebanyak 1.399 mahasiswa itu diserahkan oleh Wakil Rektor I UIN Ar Raniry H Gunawan kepada Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib.

Tercatat 15 kecamatan yang akan ditempatkan oleh mahasiswa peserta KPM itu masing-masing Kecamatan Madat, Simpang Ulim, Pante Bidari, Darul Ihsan, Banda Alam, Birem Bayeun, Darul Aman, Indra Makmur, Ranto Peureulak, Idi Rayeuk, Peudawa, Ranto Selamat, Sungai Raya, Peureulak dan Kecamatan Julok.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib atau Rocky, mengharapkan para mahasiswa  dalam melaksanakan KPM agar menyesuaikan diri dengan desa dan lingkungan sekitar ditempat yang ditugaskan. 

Begitu juga dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang sudah terbentuk di desa untuk diikuti, seperti pengajian siang dan malam hari.

"Segera menyesuaikan diri dan ikuti tatanan desa setempat. Jika di desa itu memiliki lembaga pendidikan baik formal atau non formal diisi dengan berbagai kegiatan tambahan sesuai dengan kurikulum yang ada dan ilmu yang dimiliki," kata lulusan UISU itu.

Diharapkan juga para mahasiswa yang ditugaskan ke daerah itu dalam kontek KPM benar-benar memanfaatkan waktu selama dua bulan kedepan untuk mengabdi ke masyarakat. 

"Satu hal yang paling penting adalah jangan sampai terlibat dalam politik praktis ditengah-tengah masyarakat, karena ini tahun politik dan pemilu sudah diambang pintu," tutur Rocky.
 

Pewarta: Rilis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019