Pemerintah Provinsi Aceh berjanji akan mengembangkan kopi Robusta di Kabupaten Aceh Jaya, sehingga daerah itu menjadi sentra produksi terbesar komoditi tersebut.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah saat berkunjung ke Aceh jaya, belum lama ini menyampaikan bahwa daerah tersebut merupakan salah satu kabupaten pilihan dalam pengembangan kopi Robusta di Aceh.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Wakil Bupati dan beliau menyampaikan bahwa sudah menyediakan lahan seluas seratus hektare," ujar Gubernur.

Ia menyampaikan pada tahun ini dari Pemerintah Aceh sudah mencanangkan 50 hektare bantuan untuk percobaan uji coba pertama penanaman kopi Robusta dan seterusnya akan terus ditingkatkan.

"Saat ini sedang kita cari lahan yang tepat dan menurut Pak Wakil Bupati tadi sudah ada di kawasan Lamno, Kecamatan Jaya," tuturnya.

Nova menyampaikan pengembangan kopi Robusta ini sangat penting karena suplai kopi masih kurang di Aceh setiap hektarenya, sedangkan permintaan meningkat terus, sehingga ke depan tidak hanya terfokus pada kopi Arabika yang ada di wilayah tengah saja, namun Robusta ke depan juga akan dikembangkan.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019