Tgk Damanhuri Basyir terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh masa khitmad 2019-2024 serta didampingi Tgk H Tu Bulqaini sebagai Wakil Ketua I, Tgk Syibral Malasyi sebagai Wakil Ketua II serta 15 anggota.

Kepengurusan MPU Kota masa khitmad 2019-2024 ini dikukuhkan oleh Ketua MPU terpilih dengan membaca naskah sumpah yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Aula Lantai IV Gedung Mawary Nurdin, Balai Kota Banda Aceh., Minggu (17/3) malam.

Turut hadir Ketua MPU Provinsi Aceh Tgk Muslim Ibrahim dan Ketua Mahkamah Syariah Banda Aceh Jasri, Imam Besar Masjid Raya Banda Aceh, Tgk Azman Ismail, Wakil Wali Kota Zainal Arifin.

Kemudian, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, Kajari Banda Aceh Erwin Desman, Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh Suwono, Sekdakota Banda Aceh Bahagia, serta undangan lainnya.

Pengukuhan ini dilakukan dalam sidang paripurna istimewa yang dipimpin Plt Ketua MPU Kota Banda Aceh Tgk Faisal Ali. Saat membuka sidang paripurna ini, Tgk Faisal Ali didampingi Kepala Dinas Syariat Islam Alizar dan Kakankemenag Kota Banda Aceh Asy'ari. 

Alizar dan Asy'ari merupakan anggota steering committee (SC) atau panitia pengarah yang bertugas menyelenggarakan musyawarah ulama beberapa waktu yang lalu.

Tgk Faisal Ali mengatakan, 18 anggota MPU Kota Banda Aceh terpilih dari hasil musyawarah yang digelar pada hari Rabu tanggal 6 Maret lalu di Banda Aceh.

"Yang dikukuhkan ini merupakan hasil dari musyawarah beberapa waktu lalu. Terpilih anggota 18 orang. Sembilan orang dari utusan ulama kecamatan dan sembilan lagi ulama dan cendikiawan utusan Pemkot Banda Aceh," ungkap Tgk Faisal Ali.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyambut baiknya terbentuknya kepengurusan MPU Banda Aceh. Dengan terbentuknya kepengurusan MPU, maka formasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah terisi lengkap. 

"Semoga sinergitas umara dan ulama semakin menguatkan kita dalam menjalankan program program terhadap penegakan syariat Islam. Selama ini terasa ada yang kurang, tapi sekarang sudah lengkap," ujar Aminullah.

Ketua MPU Provinsi Aceh Prof Tgk Muslim Ibrahim mengingatkan ketua, wakil ketua dan anggota MPU Kota Banda Aceh yang baru akan tugas-tugas yang sudah menunggu.

"Alhamdulillah dengan dukungan Forkopimda kota sudah terpilih dan sudah ada kepengurusan baru. Tugas sudah menunggu di depan, tapi Saya sangat yakin karena MPU Kota ini dihuni orang orang hebat," ujar Tgk Muslim Ibrahim.
 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019