Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar menyatakan terus mengoptimalkan sosialisasi untuk semua segmen pemilih guna meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden pada 17 April 2019.

“Kami mengoptimalkan peran relawan demokrasi dan penyelenggara Pemilu dari kecamatan hingga gamong/desa guna memberikan pemahaman pemilih kepada seluruh segmen yang tersebar di Kabupaten Aceh Besar,” kata Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, KIP Aceh Besar, Miswar di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kualitas proses demokrasi, partisipasi pemilih, kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

Menurut dia pihaknya memaksimalkan semua perangkat dan komponen penyelenggara Pemilu di Aceh Besar untuk bekerja ekstra dalam mensosialiasikan berbagai tahapan Pemilu 2019.

“Sosialisasi yang kita lakukan tidak hanya turun ke lapangan, rumah kerumah-rumah, tapi juga melalui spanduk dan media massa serta kegiatan lainnya,” katanya.

Ada pun sasaran pendidikan pemilih yang terus digencarkan KIP Aceh Besar adalah pemilih marginal, kebutuhan khusus, disabilitas, pemilih pemula, pemuda, perempuan, keluarga, warga net, keagamaan, komunitas dan komunitas demokrasi.

 

Pihaknya meyakini dengan sosialisasi yang digelar secara berkelanjutan akan mampu meningkatkan pemahaman serta paritisipasi pemilih di Aceh Besar khususnya dan Aceh umum pada Pemilu 2019.

Ia menyebutkan daftar pemilih hasil perbaikan (DPTHP) 2 Kabupaten Aceh Besar sebanyak 266.005 pemilih dengan tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 1.192 yang tersebar di 23 kecamatan.

Pemilu 2019 akan digelar serentak pada 17 April 2019 yakni Pemilihan Legislatif, DPD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.
 

Pewarta: Muhaam Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019