Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan ada tujuh program prioritas yang menjadi andalan pemerintah daerah tersebut pada 2020.

"Kami memiliki beberapa program prioritas andalan guna memajukan dan menyejahterakan masyarakat," kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Jantho, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka  Musrenbang RKPD tahun 2020 di Jantho, Aceh Besar.

Ada pun program prioritas tersebut masing-masing meningkatkan pendidikan nonformal yang berlandaskan syariat Islam, meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur dasar dan infrastruktur penunjang untuk pertanian dan perikanan.

Kemudian meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan sumber daya manusia, tata kelola pemerintahan, meningkatkan pemberdayaan ekonomi berbasis mukim dan gampong dan upaya pengentasan kemiskinan melalui  pelaksanaan program Aceh Besar Sejahtera (Pro-Abes).

Menurut dia target pembangunan yang akan dicapai tahun 2020 di antaranya menurunkan angka kemiskinan dua persen per tahun sesuai dengan amanat RPJM dan ekonomi tumbuh positif.

"Saya minta kepada seluruh OPD untuk dapat meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat sebagai aparatur yang juga abdi masyarakat, kinerja pelayanan adalah standar yang menjadi tolok ukur kepuasan masyarakat atas kinerja pemerintah daerah," katanya. 

Ia juga berharap dukungan dari Pemerintah Pusat, provinsi  dan swasta untuk ikut berperan langsung dalam menyukseskan pembangunan di Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Bappeda Aceh Besar, Makmun  menjelaskan Musrenbang RKPD tersebut merupakan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan yang sebelumnya telah dilaksanakan tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional. 

Musrenbang RKPD tersebut merupakan implementasi amanat Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menter Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017.

Ketua DPRK Aceh Besar, Sulaiman berharap agar program-program usulan masyarakat mampu memberikan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019