Untuk mengurangi pengunaan sampah plastik dari botol minuman kemasan, Bhayangkari Polres Aceh Utara, Provinsi Aceh mewajibkan anggotanya membawa air minum dari rumah saat bepergian.

"Ini upaya turut serta menekan volume sampah plastik, Bhayangkari Polres Aceh Utara mengagas dan melahirkan gerakan membawa botol minum dalam setiap kegiatan Bhayangkari untuk mengurangi sampah plastik dari minuman kemasan sekali pakai,” kata  Ny. Sylvia Ian Rizkyan Ketua Bhayangkari Polres Aceh Utara, Minggu.

Gerakan yang diberi nama “Gerakan Bhayangkari Aceh Utara membawa tumbler ”, merupakan gerakan pengurangan pengunaan botol plastik air minum kemasan yang diganti dengan penggunaan tumbler atau botol minum yang dibawa sendiri dari rumah.

“ Mulai sekarang, dalam setiap kegiatan ibu-ibu Bhayangkari, diharapkan membawa dan memakai tumbler sendiri,” katanya.

Bahkan untuk merealisasikan gerakan tersebut, ke depannya dalam setiap kegiatan Bhayangkari Polres setempat tidak menyediakan lagi air mineral dalam kemasan sekali pakai. Akan tetapi menggunakan kemasan air isi ulang yang nantinya akan diisi air kedalam wadah tumbler masing-masing, jelasnya.

Diharapkan pola konsumsi air minum kemasan dalam botol plastik akan beralih menggunakan tumbler yang dapat dipakai berkali-kali.

Dengan membawa tempat minum dari rumah kebiasaan ini akan membawa manfaat bagi kita terutama manfaat bagi kesehatan dan lingkungan, katanya.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019