Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Jaya membekali para pemilih pemula khususnya dari kalangan santri dayah dan siswa sekolah.

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilih Pemula tersebut di laksanakan di aula Hotel Pantai Barat Calang Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya  

Kamaruzzaman Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Jaya kepada Antara, Selasa (26/3) mengharapkan setelah acara pembekalan para peserta dapat meneruskan materi yang sudah di sampaikan kepada kalangan millennial di kecamatan masing-masing.

Kegiatan tersebut turut dihadiri pemateri dari unsur Komisi Pemilihan Independe (KIP) Aceh Jaya dan juga dilaksanakan sebagai langkah dalam meningkatkan pengawasan di setiap kalangan dan khususnya pemilih pemula.

"Mengawasi pemilu adalah tugas bersama maka dengan adanya kegiatan ini kami berharap agar pemilih-pemilih pemula ini dapat berpartisipasi pada pengawasan pemilu dan juga dapat berpartisipasi dalam menyukseskan Pileg dan Pilpres pada 17 April nanti ," tegas Kamaruzzaman.

Sementara itu, Izwar, Ketua KIP Aceh Jaya usai kegiatan tersebut menyampaikan, kehadirannya pada kegiatan ini sebagai undangan untuk mengisi materi namun dalam hal ini pihaknya sangat mendukung ada kegiatan tersebut.

Izwar menambahkan untuk menekan angka golput di Aceh Jaya pihaknya sudah membentuk Relawan Demokrasi (RELASI) yang terdiri dari 55 orang mewakili setiap Kecamatan di Aceh Jaya yang bekerja memperkuat sosialisasi kepada pemilih sesuai bidang masing-masing.

"Tugas mereka (RELASI) adalah memberikan sosialisasi bagaimana pelaksanaan pemilu kepada pemilih berbasis keluarga, pemilih berbasis muda, pemilih berbasis pemula, pemilih berbasis perempuan, pemilih berbasis penyandang disabilitas, pemilih berbasis berkebutuhan khusus dan pemilih berbasis komunitas," ujarnya.

Apalagi, terangnya, pemilu tahun ini ada lima jenis surat suara, yakni untuk memilih pasangan calon presiden/wakil presiden, calon anggota DPR RI, calon anggota Dewan Perwakilan Daerah DPD-RI, calon anggota DPRA provinsi, dan calon anggota DPRD kabupaten/kota.

"Mereka bertugas turun ke Kecamatan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang apa yang telah dijalankan oleh KIP, serta menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta Demokrasi ," tuturnya.

Pewarta: Arief Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019