Seekor penyu hijau ditemukan mati di Desa Gampong Baroh Sayeung,  Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya, Jumat  (29/3) malam.

Koordinator Tim Konservasi Penyu, Aroen
Mebanja Dedi saat dihubungi Antara di Calang membenarkan ada se ekor penyu hijau ditemukan mati di Desa Gampong Baroh Sayeung tepatnya di spot Eko wisata Mangrov.

" Benar, ada penyu mati jenisnya Penyu Hijau dengan ukuran panjang 45 centi meter dan lebar kerapahnya 43 centimeter,” tutur Dedi.

Dedi menyampaikan bahwa penyu tersebut mati karena masuk dalam bubu (ampeh) warga setempat sehingga tidak bisa keluar lagi dan mati. 

Dedi menuturkan bahwa penyu tersebut sudah dibawa pulang ke rumahnya di Kecamatan Panga, dan jika ada izin BKSDA akan diawetkan untuk penelitian para adik-adik mahasiswa nantinya.

“ Rencana penyu mati ini kami simpan dulu dan akan kami awetkan jika ada izin dari BKSDA nantinya, tujuannya untuk penelitian,” tegas Dedi.

Dedi menyampaikan bahwa selama kurun waktu Januari 2019 ini sudah tiga penyu yang mati di Aceh Jaya yaitu di Kecamatan Panga ada 2 penyu dan di Kecamatan Setia Bakti Satu. 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019