Panitia Ujian Nasional Provinsi Aceh menyatakan pelaksanaan ujian nasional hari pertama di provinsi ujung barat Indonesia tersebut berlangsung lancar.

"Dari laporan yang kami terima, pelaksanaan ujian berjalan tanpa kendala," kata Ketua Panitia Ujian Nasional Provinsi Aceh Zulkifli di Banda Aceh, Senin.

Ujian nasional tingkat sekolah menengah atas, madrasah aliah dan sederajat berlangsung selama empat hari, yakni 1, 2, 4, dan 8 April 2019. Di Aceh, ujian nasional diselenggarakan di 758 sekolah dengan jumlah peserta 57.947 orang yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Kendati secara keseluruhan berjalan lancar, kata dia, ada juga laporan di beberapa daerah sempat terjadi pemadaman listrik. Seperti di Aceh Jaya dan Aceh Barat sempat padam listrik.

"Namun, setelah dilaporkan ke PLN, pemadaman listrik bisa teratasi dalam hitungan menit. Kami berterima kasih kepada PLN yang tanggap merespons terjadinya pemadaman saat ujian nasional berlangsung," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Panitia Ujian Nasional Provinsi Aceh juga memantau pelaksanaan ujian di sejumlah sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Di Banda Aceh, pelaksanaan ujian yang dipantau yakni di MAN Banda Aceh dan SMAN 4 Banda Aceh. Sedangkan di Aceh Besar, ujian yang dipantau di SMAN 1 Lampeuneurut.

"Dari kunjungan kami ke tiga sekolah tersebut, pelaksanaan ujian nasional terpantau lancar. Kami berharap ujian pada hari berikutnya juga terlaksana tanpa kendala," kata Zulkifli.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019