Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Aceh berkomitmen dan siap memenangkan calon legislatif (caleg) perempuan pada Pemilu Serentak, Rabu 17 April 2019.

Keterwakilan perempuan di legislatif belum menggembirakan dan pada pemilu serentak ini kami siap berkampanye dan memenangkan caleg perempuan," kata Sekretaris Wilayah KPI Aceh, Evany Claura Yanti.

Pernyataan ini disampaikan Evany pada kegiatan media briefing bertema, "Perlindungan Sosial Jaminan Kesehatan Nasional dan Pengawasan Suara Caleg Perempuan Dalam Pemilu 2019" yang dihadiri puluhan perempuan Aceh dan organisasi masyarakat (ormas) di kawasan Lampineung, Banda Aceh, Selasa.

Pihaknya juga berkomitmen mengkampanyekan pemilu damai serta memerangi berita bohong (hoaks) serta mengawal proses pungut hitung suara hingga rekapitulasi hasil perhitungan.

"Beberapa periode terakhir keterwakilan perempuan sangat rendah di parlemen. Untuk itu, kita akan terus berjuang memenangkan caleg perempuan di setiap kabupaten/kota hingga DPR Aceh," kata dia.

Pihaknya ingin mendegungkan bersama-sama keterwakilan perempuan di parlemen agar bisa memperjuangkan aspirasi, tambah Sekretaris Wilayah KPU Aceh.

Media briefing tersebut juga menghadirkan pemateri, Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh, Afifuddin yang dimoderatori, CEO Aceh Trend, Risman A Rachman.

Sekretaris AJI Banda Aceh Affifuddin mengusulkan caleg perempuan lebih kreatif saat berkampanye dan konsisten memperjuangkan aspirasi kaum marginal.

"Banyak isu yang masih luput dari kampanye caleg perempuan, padahal jika isu itu terus disuarakan berpotensi mendongkrak perolehan suara dan semua pihak berharap caleg perempuan konsisten memperjuangkan aspirasi masyarakat secara umum," ujar dia.

Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke pada Rabu 17 April 2019 akan memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, DPD, DRP-RI, DPRD Provinsi hingga DPRD kabupaten/kota.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019