Seorang nelayan Aceh Barat Daya (Abdya) ditemukan dalam kondisi lemas setelah beberapa hari terombang ambing bersama perahu di tengah laut akibat armada yang ditumpanginya rusak.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar di Blangpidie, Selasa mengatakan, nelayan yang ditemukan dalam keadaan selamat tersebut bernama  Rusli (60) warga Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh.

"Korban ditemukan dalam keadaan lemas terombang ambing bersama perahunya dikawasan perairan Ujong Raja di perbatasan Kabupaten Abdya dan Kabupaten Nagan Raya sekitar pukul 10.00 Wib tadi," kata Wabup.

Menurut keterangan, korban terombang ambing ditengah laut yang jaraknya sekitar 20 mil dari Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Susoh, akibat as propeller perahunya patah sejak Minggu (31/3).

"Pada hari Minggu kemarin sekitar pukul 16.00 Wib sore korban pergi melaut dengan mengunakan perahu bermesin robin. Biasanya, para nelayan perahu robin jika pergi melaut sore, pulangnya pagi hari," jelasnya.

 "Sementara Pak Rusli ini tidak pulang-pulang, sehingga keluarga beliau melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) dan sekaligus melakukan pencarian," katannya menambahkan.

Muslizar yang ikut serta mengevaluasi korban di kawasan PPI Ujong Serangga, tersebut berkata, korban ditemukan oleh anak kandungnya sendiri yang ikut mencari ayahnya dengan mengunakan boat nelayan.

"Setelah korban ditemukan, para nelayan bersama anak kandung korban langsung memberitaukan tim Search And Rescue (SAR) dan tim BPBK yang sama-sama sedang melakukan pencarian di kawasan lautan Abdya," ujarnya.   

Setelah dapat informasi tim pencarian gabungan langsung menuju kawasan Ujong Raja untuk melakukan evaluasi kemudian korban dibawa pulang dengan mengunakan armada BPBK Abdya.

 Setelah tiba di TPI Ujong Serangga, korban langsung diboyong ke Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Peukan Abdya dengan mengunakan ambulans untuk menjalani perawatan medis.

 

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019