Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan sosialisasi Ayo Galakkan ekspor Generasi milenial bangsa (AGRO gemilang) mampu meningkatkan pemahaman pelaku ekspor di daerah setempat khususnya.

“Sosialisasi seperti ini sangat positif untuk meningkatkan pemahaman para pengusaha atau eksportir yang selama ini sudah biasa mengirim barang untuk di ekspor terutama kopi,” kata Shabela Abubakar di Takengon, Kamis di sela-sela membuka sosialisasi "ayo galakkan ekspor generasi milenial bangsa (AGRO gemilang) yang diselenggarakan Stasiun Karantina Pertanian Kelas 1 Banda Aceh.

Ia menjelaskan kegiatan yang digelar tersebut juga sangat bermanfaat bagi para pedagang pemula yang sedang merintis usaha untuk menjadi pelaku ekspor salah satu komoditi unggulan di Dataran Tinggi Gayo itu.

“Kita juga berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatakan jumlah pelaku ekspor dengan memegang prinsip tetap menjaga kualitas barang yang akan di kirim ke berbagai negara tujuan,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga sangat strategis guna mendukung kalangan pengusaha milenial, agar tertib melakukan proses dagang dengan hasil yang lebih optimal.

Menurut dia eksportir yang ada saat ini di Kabupaten Aceh Tengah khususnya merupakan kaum milenial atau berusia muda yang siap memasarkan komoditas kopi ke negara tujuan.

“Sekarang sudah banyak kalangan milenilal muda yang secara mandiri menjual langsung produksi kopi mereka ke pasar dalam dan luar negeri,” katanya.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Banda Aceh, Ibrahim mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan semangatdan gairah ekspor sehingga sasaran meningkatkan kesejahteran petani akan tercapai.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019