Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta desk pemilu pemerintah kota setempat menghasilkan data hasil hitung cepat sementara Pemilu 2019 secara cepat dan akurat.

"Akurasi kami harapkan bisa sama dengan KIP atau KPU. Dari sisi waktu juga harus cepat, kalau bisa kita yang pertama. Untuk itu, saya minta semua petugas di sini bekerja penuh waktu," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut dikemukakan Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifinsaat meninjau kesiapan Desk Pemilu 2019 Kota Banda Aceh di Kantor Badan Kesbangpol setempat.

Wali Kota menekankan pentingnya penghitungan cepat dan akurat hasil pemungutan suara Pemilu 2019. Oleh karena itu, petugas yang ditempatkan memasukkan data harus bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Pastikan juga data yang dikirim dari setiap TPS sudah terverifikasi oleh pihak KIP, sehingga data yang dimasukkan oleh Desk Pemilu 2019 benar-benar valid," kata Aminullah Usman.

Wali Kota mengingatkan bahwa rekapitulasi suara sementara yang dihasilkan oleh Desk Pemilu 2019 merupakan informasi hanya untuk internal Pemerintah Kota Banda Aceh.

"Data ini bukan untuk dipublikasikan. Data hasil pemilu yang dipublikasikan bersumber dari KIP Banda Aceh selaku penyelenggara pemilihan umum," sebut Aminullah Usman.

Kepala Badan Kesbangpol Banda Aceh T Samsuar mengatakan, data perhitungan Desk Pemilu 2019 bersumber dari formulir C1 di masing-masing tempat pemungutan suara.

"Formulir C1 di setiap TPS difoto oleh petugas yang ditunjuk. Kemudian dikirim melalui WhatsApp untuk dimasukkan ke dalam sistem, sehingga menghasilkan data perolehan suara pemilu," kata T Samsuar.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019