Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Sabang menyebutkan, partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2019 diwilayah setempat mencapai 84 persen. 

"Hasil pantauan kami disejumlah TPS dan taksirannya jumlah pemilih mencapai 84 persen," kata Komisioner KIP Kota Sabang, Muhammad Yani di Sabang, Kamis.

Terkait perolehan suara Pilpres dan Pileg pihaknya mengaku belum memperoleh hasil pungut hitung suara dan pagi tadi penyelenggara memobilisasi kotak suara dari TPS menuju PPS dan PPK.

"Sekarang semua kotak suara sudah di PPK, terkait perolehan suara sah mohon bersabar ya," kata Komisioner KIP Kota Sabang. 

Semua pihak diharapkan bersabar terkait perolehan suara resmi dan dijadwalkan rekapitulasi suara di Kecamatan pada, Sabtu (20/4), sebut Muhammad Yani. 

Sejumlah pemilih pada, Rabu 17 April terpantau mulai datang ke TPS se-Kota Sabang dari, pukul 07:00 Wib hingga pukul 14:00 Wib masih mengantri untuk menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara. 

Pemungutan suara di Kota Sabang terpantau tidak serentak atau bervariasi dan panitia penyelenggara pemilu mulai menerima undangan memilih serta melakukan pemungutan suara dari, pukul 08:00 Wib hingga pukul 09:00 Wib. 

KIP Kota Sabang mencatat, jumlah pemilih sesuai DPT di pulau terluar paling barat Indonesia yakni, 25.741 orang dan tersebar di 104 TPS, 18 gampong dan dua kecamatan yakni, Sukakarya dan Sukajaya.

KPU Pusat menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak sebanyak, 77,5 persen dan pihaknya optimistis target tersebut tercapai. 

Rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah memilih Presiden dan Wakil Presiden RI yang diikuti dua pasangan calon yakni, Jokowi-Ma’ruf nomor 01 dan Prabowo-Sandi nomor 02. Selain itu, rakyat Indonesia juga telah memilih Legislatif dari tingkat pusat hingga kabupaten/kota.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019