Pemerintah Kabupaten Aceh Besar resmi mengoperasikan transportasi laut Kapal Peunaso untuk masyarakat dan tenaga pendidikan, kesehatan, sosial yang bertugas di Kecamatan Pulo Aceh.

"Kapal Peunaso milik Pemkab Aceh Besar akan beroperasi secara rutin setiap pekan yang juga merupakan bagian memudahkan masyarakat pulang dan pergi (PP) dari Pelabuhan Ule Lheue, Banda Aceh, menuju kawasan Kecamatan Pulo Aceh," kata Kadis Perhubungan Aceh Besar, Azhari di Aceh Besar, Selasa (23/4).

Ia menjelaskan pengoperasian kapal milik pemerintah daerah tersebut merupakan bagian merespon salah satu keluhan dari pegawai pemerintah yang bekerja di Kecamatan Pulo Aceh.

Menurut Azhari, Pemerintah Aceh Besar terus menggalakkan pembangunan di kawasan Kecamatan Pulo Aceh, dan pada tahun 2019 pemerintah setempat akan mendatangkan satu unit ambulance laut, yang akan ditempatkan di kawasan Kecamatan Pulo Aceh.

Ia menjelaskan, Kapal Peunaso, kapal jenis speedboat milik Pemkab Aceh Besar, berdaya angkut 24 orang, dan akan rutin beroperasi pada hari senin setiap pekan, dengan jadwal keberangkatan mulai pukul 07.30 WIB dan kembali ke Pelabuhan Ule Lheue, Banda Aceh pada pukul 16.30 WIB.

Muballirah, Tenaga Kesehatan di Puskesmas di Lampuyang, mengakui bahwa selama ini, mengalami kesulitan masalah transportasi, terutama dalam hal jadwal berangkat dan pulang.

Biasanya, mereka berangkat ke Pulo Aceh dengan menggunakan angkutan Kapal Motor, yang bersandar di dermaga Lampulo, Banda Aceh. Kapal tersebut hanya berangkat pada pukul 14.00 WIB setiap hari, dan bertolak kembali dari Pulo Aceh keesokan harinya pada pukul 08.00 WIB.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019