Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh itu mengikuti zikir akbar di Lapangan Blangpadang yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-814 Kota Banda Aceh.

"Saya mengajak seluruh warga kota hadir pada Jumat (26/6) malam di Lapangan Blang Padang. Mari kita berzikir bersama mendekatkan diri kepada Allah, sembari berdoa untuk kemajuan Banda Aceh," kata dia di Banda Aceh, Selasa.

Ia menyebutkan zikir akbar merupakan satu dari sekian rangkaian acara dari peringatan HUT Ke-814 Kota Banda Aceh. Selain zikir akbar, acara juga akan diisi dengan tausiah dan doa bersama.

Aminullah menyebutkan kegiatan keagamaan tersebut sebagai ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia Banda Aceh yang sudah tercatat dalam sejarah sebagai kota Islam tertua di Asia Tenggara.

"Kita juga patut bersyukur karena Banda Aceh mampu melewati berbagai rintangan, termasuk konflik bersenjata dan gempa bumi disusul tsunami. Kini, masyarakat Banda Aceh semakin kuat dan lebih optimis menatap masa depan," kata dia.

Aminullah juga berharap, masyarakat yang hadir pada zikir akbar bisa mencapai puluhan ribu orang, melebihi kegiatan jalan santai yang digelar Pemerintah Kota Banda Aceh pada Minggu (21/4) dengan hadiah utama sebuah rumah.

"Kalau jalan santai yang juga digelar dalam rangka HUT diikuti oleh 30 ribu peserta, kegiatan zikir nanti juga harus lebih banyak lagi. Karena itu, kami mengundang seluruh masyarakat Banda Aceh mengikutinya," kata dia.

Tidak hanya masyarakat di ibu kota Provinsi Aceh, Aminullah juga mengajak wisatawan Muslim, baik dalam maupun mancanegara, mengikuti zikir akbar yang dipusatkan di lapangan di pusat Kota Banda Aceh tersebut.

"Apalagi sekarang ini Kota Banda Aceh sudah menjadi destinasi wisata religi. Kegiatan zikir akbar ini juga bagian dari upaya Pemerintah Kota Banda Aceh meningkatkan kunjungan wisatawan Muslim," kata Aminullah Usman.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019