PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Aceh melatih 40 pengrajin usaha kue dan kuliner yang tersebar di Kabupaten Aceh Barat, Kamis (25/4) di Meulaboh.

Selama ini nasabah PNM khususnya nasabah ULaMM Meulaboh belum pernah mendapatkan pelatihan tentang cara meningkatkan motivasi menjadi pengusaha sukses. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Aceh Barat H Ramli MS diwakili Asisten I Setdakab, Mirsal.

“Semua usaha tidak mungkin diperoleh dengan mudah, mulailah untuk memotivasi diri untuk sukses saat ini juga, dan milikilah mimpi yang kuat untuk mewujudkannya,” kata Muhammad Wazir, Kepala PT PNM Cabang Aceh kepada Antara, Kamis siang.

Tujuan dari kegiatan pelatihan klasterisasi usaha kue dan kuliner ULaMM Meulaboh, untuk mengenalkan pemanfaatan motivasi untuk nasabah dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjadi pribadi wirausaha yang berhasil.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaki Abdul Munir, dari Konsultan Pendamping KUMKM LPB/BDS-P Kementerian Koperasi dan UKM. 

Menurut Muhammad Wazir, program pengembangan kapasitas usaha melalui pelatihan dan pendampingan kepada Nasabah ULaMM cabang Aceh, merupakan salah satu realisasi program pengembangan kapasitas usaha yang diperuntukan bagi UMKM. 

"PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha, namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen," tambahnya.

Lembaga ini juga memberikan pendampingan secara intensif dan berkelanjutan kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan nasabah binaan produk PNM Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM). 

Pendampingan diberikan PNM dengan membuka klaster atau kelompok usaha sejenis yang akan diberikan beragam pelatihan guna meningkatkan kelas usaha yang dijalankan oleh nasabah binaan. 

Melalui program pengembangan kapasitas usaha, lembaga ini memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok atau klaster yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha. 

"Dalam menentukan bentuk kegiatan, PNM melakukan pendalaman terhadap kendala dan peluang usaha para nasabah, sehingga program PKU kami dapat tepat sasaran dan berdampak," tutup Muhammad Wazir.

Pewarta: T Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019