Sebanyak 80 ekor sapi dan tujuh ekor kerbau dipotong pada tradisi "meugang" atau memotong menjelang bulan suci Ramadhan 1440 hijriah di Kota Sabang, Provinsi Aceh. 

"Dari hari meugang pertama sampai hari ini, seluruhnya 80 ekor sapi dan tujuh ekor kerbau dipotong," kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin melalui Kepala Bagian Umum dan Humas, Bahrul Fikri di Sabang, Minggu.

Ia mengaku, sapi maupun kerbau yang dipotong pada hari meugang tersebut sudah dinyatakan sehat oleh pihak terkait dalam hal ini Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan, Kota Sabang. 

"Sapi maupun kerbau yang dipotong di Sabang itu punya lokal dan sebagian diantaranya dibawa dari daratan (Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya)," kata dia. 

Harga jual daging pada hari meugang di Kota Sabang relatif normal pada kisaran harga, Rp160.000 per kilogram hingga Rp170.000 ribu per kilogram. 

"Permintaan daging pada hari meugang meningkat jika dibandingkan hari-hari biasanya dan syukur Alhamdulillah permintaan pasar terpenuhi," akuinya. 

Dua hari sebelum bulan suci Ramadhan masyarakat Aceh sudah turun temurun menggelar tradisi meugang. Pada hari besar itu, semua kalangan di Aceh memasak daging untuk dikonsumsi bersama keluarganya. 

Selanjutnya, harga daging ayam potong (broiler) dengan bobot satu kilogram berkisar dari, Rp40.000 -Rp 45.000 per ekor. 

"Kita pastikan menjelang pasokan sembako normal dan harga jual pun relatif normal," katanya.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019