Satuan Tugas (Satgas) Pangan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi Pasar Bina Usaha Meulaboh, sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) di daerah itu.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Setdakab Aceh Barat, Armaikandi, di Meulaboh, Aceh, Kamis, mengatakan tim satgas melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada kenaikan harga sepihak dan memantau tersedianya bahan pokok serta bahan penting lainnya.

"Kami pantau harga kebutuhan pokok yang dikonsumsi publik, seperti harga beras, telur termasuk bahan penting cabai. Dari sisi harga masih stabil dan terkendali dibandingkan harga pada April 2019," ujarnya.

Hasil pantau tim satgas, bahan pangan di pasar dalam posisi stabil, tidak ada barang yang mengalami kenaikan. Bahkan harga sejumlah komoditas mengalami penurunan seperti bawang putih dari sebelumnya bertahan Rp90.000 kini menjadi Rp60.000 per kilogram.

Tim Satgas Pangan melakukan pemantauan harga bahan pangan di pasar setempat seperti beras, telur, daging, termasuk cabai merah, bawang putih, bawang merah dan minyak goreng curah maupun minyak goreng kemasan.

Kasat Reskrim Polres Aceh Barat, Iptu Muhammad Isral, mengatakan dari pantauan pihaknya tidak ada spekulasi dan penimbunan barang yang dilakukan pedagang, sehingga harga bahan pokok masih stabil dan persediaan mencukupi.

"Setiap hari kami mengecek ke lapangan, jadi untuk penyelewengan seperti penimbunan barang, itu tidak ada di Aceh Barat. Selama ini kalau pun ada faktor kenaikan barang itu karena permintaan tinggi, contoh Hari Meugang, itu sudah menjadi tradisi," katanya.

Sementara itu Kepala Bulog Subdivre Meulaboh, Hafizhsyah, menambahkan harga beras di pasar setempat juga stabil. Apalagi, kata dia, saat ini sejumlah daerah sedang dalam masa panen dan persediaan stok beras di pasar pun mencukupi.

"Kami juga akan melakukan operasi pasar sampai akhir Mei 2019, kemudian bekerja sama dengan pemda melakukan pasar murah. Dalam bulan Ramadhan ini Disperindag Aceh juga akan mengadakan operasi pasar di Aceh Barat," katanya.

Kegiatan Tim Satgas Pangan tersebut beranggotakan personel kepolisian dari Satuan Reserse dan Kriminal Polres Aceh Barat, Disperindag, dan Bulog Subdivre Meulaboh.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019