Sebanyak 13 unit rumah masyarakat di kawasan pedalaman Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, sejak Sabtu (18/5) siang mulai menikmati sarana penerangan listrik dari PLN.

"Alhamdulillah, tepatnya pukul 10:15 WIB telah kami operasikan jaringan listrik ke Desa Sikundo, dengan kondisi baik dan normal," kata Ediwan ST, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Meulaboh kepada Antara, Sabtu malam.

Tegangan listrik yang dialirkan PLN kepada masyarakat di kawasan belantara hutan tersebut yakni tegangan rendah, pelayanan diukur di 230 volt.

Ada pun rumah masyarakat dan tempat ibadah yang sudah telah terlayani jaringan listrik yakni sejumlah 13 persil, yang terdiri dari tiga persil merupakan bantuan PLN dan 10 persil lainnya merupakan bantuan dari Dinas ESDM Aceh.

Sedangkan sisanya, kata Ediwan, akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

"Alhamdulillah kita dapat menyelesaikan pembangunan jaringan listrik ke Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen, lebih cepat dari target yang kami prediksikan," kata Ediwan.

Sebelumnya PLN menargetkan kawasan ini akan dialiri aliran listrik yaitu pada bulan Juni 2019, namun akhirnya pemasangan jaringan listrik di kawasan tersebut lebih cepat beroperasi mulai tanggal 17 Mei 2019.

Keberhasilan ini juga terlaksana atas izin Allah SWT dan partisipasi semua pihak terkait seperti PT PLN UIW Aceh, PLN UPPK Aceh, UP3 Meulaboh, Polres Aceh Barat, Kodim 0105 Aceh Barat beserta jajaran dan Babinsa, masyarakat dan pemerintah daerah.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019