Sebanyak 80 orang lulusan diploma pada Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kabupaten Aceh Barat hingga kini belum mendapatkan ijazah sebagai tanda kelulusan dari perguruan tinggi itu.

Akibatnya, para lulusan dari prodi pendidikan seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Teknik Elektro yang sudah menyelesaikan pendidikan diploma pada kampus mereka kini tak bisa mencari pekerjaan.

Padahal mereka sudah diwisuda sejak tahun 2018, sebagai tanda sudah menamatkan pendidikan.

"Kami sangat kebingungan dengan persoalan ini, sampai sekarang ijazah dari kampus belum terbit sama sekali," kata sejumlah sumber internal yang minta namanya dirahasiakan kepada Antara, Sabtu (18/5) di Meulaboh.

Meski sudah berulangkali mempertanyakan kapan ijazah akan dikeluarkan, para lulusan tetap saja belum mendapatkan kabar yang pasti dengan ijazah mereka.

Menurut sumber, mereka mengaku blanko ijazah sudah tersedia di kampus AKN Aceh Barat. Akan tetapi, sampai sekarang belum dicetak oleh pihak perguruan tinggi.

Direktur AKN Aceh Barat, Dailami yang dikonfirmasi Antara, Sabtu membenarkan bahwa 80 orang lulusan di perguruan tinggi tersebut belum menerima ijazah setelah diwisuda pada tahun 2018.

"Insya Allah jika tak ada kendala, paling cepat akhir Juni atau awal Juli 2019, ijazah para lulusan akan kita keluarkan," katanya.

Ia membenarkan penyebab belum diterbitkan ijazah tersebut dikarenakan ada hal teknis dan administrasi yang harus diselesaikan pihak kampus, sehingga nantinya barulah bisa diterbitkan ijazah, pungkasnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019