Harga daging kerbau dan sapi yang dijual pada tradisi Meugang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat mencapai Rp180 ribu/Kg.

Namun menjelang siang hari, harga jual daging segar turun menjadi Rp170 ribu/Kg.

"Tingginya harga jual daging kerbau dan sapi di Aceh Barat pada  meugang ini sudah kita prediksi sebelumnya," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Said Mahjali kepada Antara di Meulaboh, Selasa.

Menurutnya, hal ini terjadi karena tingginya permintaan dari konsumen dan harga jual daging segar tersebut ditentukan oleh pasar, dan ketersediaan daging yang disembelih oleh pedagang.

Jumlah ternak sapi dan kerbau yang disembelih oleh pedagang pada tradisi meugang Hari Raya Idul Fitri ini, kata dia, hanya berjumlah sekitar 170 ekor ternak. 

Jumlah ini berbeda dengan jumlah ternak yang disembelih pada meugang menjelang bulan suci Ramadhan lalu yang mencapai lebih dari 200 ekor.

Said Mahjali memastikan daging yang dijual oleh pedagang tersebut sudah dipastikan sehat dan higienis, karena sebelum disembelih di rumah potong hewan (RPH) setempat, ternak ini sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan, dan dinyatakan layak untuk dikonsumsi.

Pada hari biasanya, harga jual daging segar di Kabupaten Aceh Barat hanya dijual seharga Rp120 ribu hingga Rp130 ribu/Kg, dengan jumlah ternak sapi atau kerbau yang disembelih sekitar dua hingga tiga ekor ternak setiap harinya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019