Pasar Inpres Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mengalami kebakaran, Senin, dan belasan kios milik pedagang nyaris hangus terbakar bila tidak segera mendapat penanganan dari armada pemadam kebakaran, Senin.

“Peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 16.20 WIB, saat kondisi pasar sedang sepi pada sore hari. Tiba-tiba asap membumbung melalui celah plafon dari sebuah kios di lokasi depan pasar ikan,” ungkap Keuchik (kepala desa) Tumpok Teungoh, Hermansyah di Lhokseumawe, Aceh, Senin,

Ia mengaku  tidak mengetahui persis penyebab kebakaran tersebut.  Namun dari keterangan warga, kata dia, asap membumbung tinggi dari salah satu kios usaha pembuatan bakso dan selanjutnya kepulan asap tersebut menyebar ke kios lainnya.

Api, lanjut dia, hanya membakar bagian atas atau lantai dua kios-kios yang terbuat dari papan kayu tersebut. Lantai satu yang digunakan untuk kegiatan berjualan masih aman. 

Belum diketahui secara persis apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Petugas pemadam kebakaran segera datang dan bekerja sama dengan pedagang setempat memecahkan kaca jendela dan atap di atas kios tersebut yang mengepulkan asap, agar dapat menyemprotkan air ke dalam.

Sekitar 30 menit api yang terperangkap di lantai dua dapat dipadamkan oleh petugas sehingga belasan kios di Pasar Inpres tersebut tidak sampai hangus terbakar.

Sementara itu, pedagang lainnya di sekitar lokasi kebakaran sempat berusaha menyelamatkan barang-barang milik mereka ke tempat yang lebih aman.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019