Harga jual ikan segar di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Ujong Baroh, Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat kembali melonjak mencapai 100 persen akibat cuaca buruk yang melanda perairan pantai barat selatan Aceh sejak sepekan terakhir.

"Naiknya harga jual ikan segar ini karena persediaan ikan sangat sedikit, hal ini disebabkan banyak nelayan belum bisa melaut karena tingginya gelombang dan buruknya cuaca," kata salah satu tokoh nelayan Aceh Barat, Dahrul kepada Antara, Rabu di Meulaboh.

Ada pun jenis ikan yang mengalmi lonjakan harga diantaranya, seperti Ikan Tuna mengalami kenaikan harga jual antara Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per kilogramnya. Padahal biasanya, ikan tersebut dijual berkisar antara Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Selain itu, jual ikan gembung di pasar ikan ini dijual seharga Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kilogram dari harga biasanya sebesar Rp25 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram.

Sedangkan jenis ikan lainnya seperti Bawal, Kakap dan aneka jenis ikan lainnya juga mengalami lonjakan harga jual mencapai 100 persen.

Nelayan belum bisa memastikan harga jual ikan segar di Aceh Barat akan normal seperti semula, karena masih menunggu membaiknya cuaca.

Sementara itu, Sabrina (29) seorang ibu rumah tangga warga Meulaboh kepada Antara, mengaku naiknya harga jual ikan segar di pasar setempat membuat masyarakat mengeluh.

"Naiknya harga jual ikan segar sudah beberapa hari ini setelah Lebaran," ujarnya.

Masyarakat berharap mahalnya harga jual ikan ini mendapatkan perhatian penuh dari pemerintah daerah, agar daya beli masyarakat dapat kembali normal seperti semula.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019