Pengusaha konstruksi dan perkebunan Makmur Budiman bakal menjadi calon tunggal Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh periode 2019-2024 yang akan dipilih musyawarah provinsi organisasi tersebut.

Ketua Panitia Musyawarah Provinsi VI Kadin Aceh Muhammad Mada di Banda Aceh, Sabtu, mengatakan, dari lima yang mendaftar sebagai bakal calon ketua, hanya seorang yang menyerahkan berkas pendaftaran.

"Panitia sudah menutup masa penyerahan berkas calon ketua. Dari yang mendaftar, hanya satu bakal calon yang menyerahkan berkas pencalonan yakni Makmur Budiman," kata Muhammad Mada 

Muhammad Mada menyebutkan, panitia sudah memeriksa dan memverifikasi berkas yang meliputi syarat pencalonan serta uang kontribusi Rp750 juta. Uang tersebut sudah ditransfer ke rekening organisasi.

Selanjutnya, kata Muhammad Mada, berkas pencalonan ketua tersebut akan disampaikan kepada Dewan Pertimbangan Kadin Aceh. Kemudian, Dewan pertimbangan akan menggelar rapat penetapan calon pada 18 Juni 2019.

"Hasil penetapan rapat dewan pertimbangan terkait calon ketua, akan dibawa dalam rapat pleno musyawarah provinsi Kadin Aceh untuk penetapan ketua yang direncanakan berlangsung pada 19 Juni mendatang," kata Muhammad Mada.

Makmur Budiman, kandidat Ketua Kadin Aceh 2019-2024, menyatakan siap memimpin organisasi tersebut jika dipercayakan dan ditetapkan sebagai ketua pada musyawarah provinsi nantinya.

"Tentunya, langkah pertama yang saya lakukan jika terpilih adalah melakukan konsolidasi organisasi guna memperkuat keberadaan Kadin Aceh. Termasuk meningkatkan kapasitas anggota Kadin," sebut dia.

Selain itu, sebut Makmur Budiman, Kadin Aceh akan membentuk pusat pelatihan guna melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Sebab, tanpa adanya pengusaha baru di suatu daerah, daerah tersebut sulit berkembang. 

"Termasuk akan mengembangkan sektor industri Aceh. Daerah tanpa industri dan hanya mengandalkan anggaran pemerintah daerah, maka daerah tersebut sulit maju dan berkembang," pungkas Makmur Budiman.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019