Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) mendukung dan mengampanyekan objek wisata di Provinsi Aceh masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.

"Kami mengampanyekan tujuh objek wisata di Aceh yang masuk nominasi API 2019. Kami juga mengajak masyarakat memilih objek wisata tersebut, sehingga Aceh meraih Anugerah Pesona Indonesia tahun ini," kata Ketua ASPPI Aceh Azwani Awi di Banda Aceh, Senin.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyebutkan tujuh objek wisata di provinsi itu masuk nominasi dari 18 kategori yang diperlombakan pada Anugerah Pesona Indonesia 2019.

Tujuh objek wisata tersebut yakni makanan tradisional sate apalah geurugok dari Kabupaten Bireuen, nominasi ekowisata yakni taman hutan manggrove di Kota Langsa.

Berikutnya, nominasi cenderamata kerawang gayo dari Kabupaten Gayo Lues. Nominasi atraksi budaya rabbani wahed dari Kabupaten Bireuen.

Kilometer Nol di Kota Sabang masuk nominasi destinasi unik. Nominasi surga tersembunyi air terjun tensaran bidin di Kabupaten Bener Meriah. Serta Sabang Marine masuk nominasi festival pariwisata.

Azwani Awi menyebutkan masuknya tujuh objek wisata Aceh tersebut dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia menjadi momentum mempromosikan pariwisata Aceh.

"Ini menjadi bukti bahwa objek wisata Aceh tidak kalah dari daerah lain. Karena itu, kami mengajak masyarakat Indonesia memilih objek wisata yang masuk nominasi tersebut. Kami juga mengajak masyarakat Aceh memberikan suaranya untuk tujuh objek wisata tersebut," kata Azwani Awi.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan Aceh Ramadhani mengatakan dukungan bisa diberikan dengan mengirim SMS dengan cara ketik API (spasi) kode kirim ke 99386.

"Atau aplikasi API bisa diunduh di playstore. Periode pemungutan suara mulai 1 Juni hingga 31 Oktober 2019. API digelar untuk mengenalkan pariwisata nusantara ke mancanegara," kata Ramadhani.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019