Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aceh, Dyah Erti Idawati mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Kerja Perangkat Aceh  atau SKPA terkait agar ikut menyukseskan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tingkat provinsi.

Peringatan  Harganas ke-26 tingkat provinsi akan digelar bersamaan dengan Hari Kesatuan  Gerak (HKG)  PKK ke-47 dan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) di Bener Meriah yang  pelaksanaan hari puncak dilaksanakan pada 13 Juli 2019.

"Pelaksanaan Harganas, HKG-PKK, dan PIPMG digelar bersamaan di Bener Meriah. Tujuannya selain ingin memperkenalkan potensi alam dan pariwisata di daerah penghasil kopi Arabika kelas dunia, juga mendekatkan program kerja yang bisa disinergisitas antara PKK, BKKBN Aceh, dan DPMG Aceh, kata  Dyah pada rapat bersama di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh, Senin .

Dalam hal pengembangan sektor pariwisata ini, Dyah mengharapkan  Dinas Pertanian serta  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  untuk berperan aktif  pada kegiatan tersebut.

Sementara itu Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Aceh, Sahidal Kastri, menyatakan pihaknya  terus melakukan koordinasi dengan PKK dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Gampong (DPMG) Aceh, dengan harapan kegiatan tersebut nantinya berjalan dengan baik dan sukses.

BKKBN sendiri kata Sahidal akan ikut serta pameran  pada 9 Juli dan berakhir 13 Juli 2019, dengan  memamerkan produk-produk unggulan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

"Selain itu kita juga ikut dalam even gotong royong massal, jalan santai keluarga, juga ada senam Lansia,  dan  pelayanan gratis KB," sebut Sahidal. 

Menurut Sahidal dengan keterlibatan BKKBN Aceh pada kegiatan besar Pemerintah Aceh ini diharapkan program Kependudukan, Keluarga Bersama, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bisa tersosialisasikan dengan baik tidak saja kepada masyarakat tetapi juga kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Kabid ADPIN, Faridah menambahkan, Harganas ke-26 Tingkat Nasional akan digelar di Kalimatan Selatan dari 2 hingga 7 Juli 2019 yang akan dihadiri Presiden Jokowi.

"Selesai kegiatan Harganas tingkat nasional, kami akan ke Bener Meriah, ikut mensuskseskan kegiatan bersama tersebut," ucap Faridah.

Sementara itu Kepala  DPMG Aceh, Bukhari mengatakan, sejauh ini, persiapan kegiatan bersama antara dinasnya, PKK, dan BKKBN terkoordinasi dengan baik. Begitu juga dengan tuan rumah, Bener Meriah yang sudah memfasilitasi segala kebutuhan kegiatan. Begitupun dengan SKPA yang juga ikut membantu dengan finansial sesuai tupoksi masing-Masing.
 

Pewarta: Rilis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019