Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar mengkonsumsi lauk ikan setiap hari guna meningkatkan kesehatan masyarakat agar mendapatkan sumber protein yang cukup dan seimbang.

"Ikan merupakan makanan bergizi tinggi untuk kesehatan manusia dan sebagai sumber protein hewani yang mempunyai kelebihan tersendiri. Untuk itu, masyarakat harus lebih mengutamakan mengkonsumsi lauk dari ikan," kata Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Keistimewaan Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Marhaban kepada Antara di Meulaboh, Rabu.

Khusus kepada kaum ibu, pemerintah daerah juga meminta agar lebih berkreasi untuk meningkatkan cita rasa masakan yang terbuat dari bahan ikan, karena mengkonsumsi ikan sangat bermanfaat terhadap pertumbuhan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

Disamping itu, potensi Kabupaten Aceh Barat yang juga merupakan daerah yang merupakan penghasil lumbung ikan laut dan air tawar, hal ini harus disyukuri oleh masyarakat agar terus mengkonsumsi ikan.

"Tidak harus ikan dari laut, ikan dari air tawar juga sangat baik untuk kesehatan," kata Marhaban.

Menurut Marhaban, saat ini pemerintah, baik di tingkat pusat maupun di daerah sedang menggalakkan masyarakat supaya gemar dalam mengkonsumsi ikan, yang diikuti dengan memperbanyak ketersediaan dan kemudahan akses terhadap produk-produk perikanan.

Hal ini dilakukan agar kesehatan masyarakat dalam mendapatkan sumber protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, dapat terserap dengan baik sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

"Program konsumsi ikan setiap hari ini juga merupakan bagian untuk mendukung program Kementerian Kelautan Perikanan Republik Indonesia, agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan," pungkasnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019