Rumah warga Aceh Barat Daya (Abdya) siap menampung peserta pameran expo ternak dari luar daerah jika seluruh kamar hotel yang tersedia sudah penuh, kata pejabat setempat

Sekretaris Daerah Kabupaten (Setdakab) Abdya, Drs Thamrin di Blangpidie, Sabtu mengatakan, kegiatan expo ternak yang dilaksankan 11-14 Juli 2019 di daerahnya diprediksi dihadiri ribuan peserta dari luar daerah.

"Kalau dari jumlah peserta tentu hotel tidak cukup. Tapi kita sudah melakukan komunikasi dengan warga. Ada masyarakat bersedia menampung peserta. Jadi, sebagian peserta dari luar Kabupaten Abdya akan menginap di rumah warga," tutur Thamrin.

Sekda Thamrin menyampaikan pernyataan tersebut ketika ditanya Antara terkait upaya pemerintah daerah dalam menyediakan tempat penginapan para peserta expo ternak yang datang dari luar daerah.

Sebab, jumlah hotel dan losmen di Kabupaten Abdya terpantau sangat terbatas, yakni hanya 10 buah tempat penginapan yang terletak di seputaran Kota Blangpidie dan Kecamatan Susoh.

Baca juga: Expo Ternak Abdya perebutkan total hadiah Rp900 juta

Sementara, jumlah peserta dari luar diprediksi akan membludak, apalagi jika ditambah dengan peserta lomba burung berkicau dari seluruh Indonesia, maka ketersediaan penginapan di Abdya tidak cukup.

Menurut Thamrin, panitia expo ternak bekerjasama dengan camat dan kepala desa telah berupaya mencari rumah masyarakat di seputaran Kecamatan Susoh dan Blangpidie untuk tempat penginapan peserta.

"Kita juga sudah persiapkan fasilitas lain untuk memudahkan peserta expo. Jadi, tamu dari masing-masing kabupaten nantinya di dampingi oleh masing-masing Kepala Dinas Abdya," ungkapnya menambahkan.

"Jadi, apa yang mereka (tamu) butuhkan nanti, misalnya hotel, tempat represing nanti ada pemandu dari kita. Pemandu yang bawa tamu ke tempat yang dibutuhkan," tuturnya lagi.

Selain itu panitia juga telah menyiapkan kebutuhan peserta expo ternak lainnya, seperti lokasi parkir kendaraan peserta, sampai lokasi pakan hewan ternak telah disediakan panitia.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019